Menurutku, daripada bikin program-program baru, yang bikin semua pihak repot, mulai dari scratch, nambah budget (misal buat hire orang luar jadi CEO-nya), bikin lebih banyak ketidakpastian dan fase wait and see; ada baiknya ngeprioritasin 2 hal ini. 1️⃣ Perbaiki komunikasi ke publik. Ubah gaya bahasanya dari defensif jadi transparan, dan mengakui kekurangan yang ada saat ini. Ga ada gunanya berpura-pura menunjukkan situasi yang baik-baik saja; investor global orang yang ga mudah dimanipulasi data. 2️⃣ Fokus membuat quick & small wins. Di tengah segala keterbatasan waktu dan sumber daya, lebih baik pakai limited resources ini ke low hanging fruits, binding constraints dan hal-hal kecil yang dampaknya besar. Leverage sistem yang sudah ada & bekerja dengan efisien, daripada bangun hal baru dari nol. Kalo menurut kalian, harus dimulai darimana? 🤡
0.0% ERengagement of this clip — above the author's average (0.00%)
top 38%outperforms 62% of the author's clips
17%of the author's average views